Obyek Wisata Kab. Sanggau, Kalbar

PANCUR AJI

Terletak ± 6 km dari kota Sanggau. Untuk mencapai lokasi ini dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat dan melalui sungai. Pancur Aji memiliki nilai historis, dimana dulu lokasi ini merupakan tempat persembunyian raja Bujang Malaka untuk membentengi diri dari kejaran musuh, hingga sekarang Pancur Aji masih memiliki benteng tersebut. Terdapat legenda bahwa meriam yang terdapat di Pancur Aji akan berbunyi jika ada bencana yang akan datang. Lokasinya yang sangat menarik serta memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai tempat wisata, membuat Pemerintah Daerah merencanakan membangun areal sekitar 1.154 Ha di Pancur Aji untuk dijadikan tempat wisata yang didalamnya terdapat kebun binatang, taman bunga, taman bermain, tempat penginapan, rumah makan dan transportasi. Banyaknya air terjun dapat dijadikan sebagai tempat pemandian yang mengasikkan oleh pengunjung. Arealnya masih luas dapat dijadikan tempat olah raga seperti sepeda gunung, penjelajahan dan lain-lain maupun untuk penelitian. Disini juga terdapat tanaman tengkawang yang ditanami pada areal seluas 200 ha dan merupakan tanaman yang dilindungi, buah tengkawang dapat dijadikan bahan dasar kosmetik, minyak, margarin serta sabun sedangkan kayunya dijadikan sebagai bahan bangunan.

pancur-ajipancur-aji-depanpancur-aji-nampang

SIPATN LOTUP

Jika kita menyusuri kabupaten Sanggau melalui sungai maka dipersimpangan kecamatan Kembayan kita akan melalui Kecamatan Jangkang yang memiliki keunikan alam dan merupakan ciri khas yang berbeda dengan Kecamatan lainnya. disini akan ditemukan sumber air panas yang oleh penduduk setempat menyebutnya dengan SIPATN LOTUP yang jika diartikan adalah air yang mendidih ( meletup – letup ). disebut keanehan karena dikecamatan jangkang maupun kabupaten sanggau sendiri tidak memiliki gunung berapi yang biasanya banyak mengandung sulphur atau belerang sebagai salah satu unsur yang dapat menciptakan sumber air panas. Sipatn Lotup sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas. dan sumber air panasnya konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

DANAU LAIT

Selain memberikan panorama alam yang sangat indah, danau lait merupakan tempat yang nyaman untuk bersantai, memancing, bersampan maupun kemping letaknya yang agak tersembunyi membuat perjalanan kita u8ntuk menemukannya sangat mengasyikkan. dan kelelahan yng ditimbulkan dalam mencapai lokasi ini akan hilang begitu kita melihat pemandangan yang disajikan oleh danau ini. berlokasi di Tayan Hilir sekitar 2 jam dengan menggunakan mobil.

GOA THANG RAYA

Thang Raya yang berada di Kecamatan Beduai memiliki panjang 100 m. Goa ini sangat bagus untuk dikunjungi karena terdapat batu – batu yang membentuk relief – relief berlokasi sekitar 100 m dari kota Sanggau.

goa-thang-raya

TIONG KANDANG

Adalah bukit yang tertinggi dikabupaten sanggau. berlokasi dikecamatan balai yang berjarak 64 km dari kota Sanggau untuk ke Kecamatan Balai dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat yang memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit. untuk mencapau bukit Tiong Kandang dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. dari atas bukit dapat dilihat pemandangan yang sangat bagus. Tiong Kandang dapat pula dijadikan sebagai lokasi olah raga wisata seperti pendakian maupun penjelajahan serta bagi mereka yang sangat senang hidup dialam, bukit Tiong Kandang merupakan tempat yang tepat untuk berkemping.

bukit tiong kandang

AIR TERJUN SIRIN PUNTI

Berlokasi dikecamatan Entikong sekitar 2 jam dari kota Sanggau. telah banyak masyarakat setempat maupun wisatawan luar yang mengunjungi lokasi ini. karena memiliki panorama yang sangat indah. udara bersih yang dikelilingi oleh pepohonan dan tempat yang tepat bagi mereka yang ingin relax. lokasinya yang berada didalam hutan merupakan tantangan tersendiri bagi mereka yang menyukai petualangan.

sirin-punti

HUTAN BELIAN

Suatu keasikan tersendiri untuk memasuki hutan belian mengingat fauna ini merupakan tanaman langka dan dilindungi oleh pemerintah mengingat jumlahnya yang sudah semakin sedikit. Kayu ini banyak menjadi incaran orang karena kualitasnya yang sangat baik untuk dijadikan sebagai bahan bangunan maupun home industri, pada masa pendudukan Belanda kayu ini banyak dibawa ke negeri Belanda sebagai bahan dasar untuk membangun dam. Hutan ini dapat ditemukan diwilayah Plomas Mengkong sekitar 15 Km dari kota Sanggau.

belianSumber : http://www.p2md.or.id

36 Tanggapan

  1. kapan ke kal-bar lagi, ikut duong? hehehe

  2. Wih,keren…
    Saya mahasiswi pariwisata di kal-bar…
    Misi saya,ingin memajukn kal-bar….
    Jadi,dgn adny situs ini menambh pengetahuan saya tentang objek2 wsata d kalbar,thanx y..
    ==============================
    owner :

    sama-sama…… semoga alam kita masih ramah dan lestari

  3. Aq lahir di pontianak, tapi aq ngak tau banyak tentang obyek wisata yg ada di pontianak. Dgn adanya situs ini cukup membuka mataku kalo pontianak ngak kalah ama Bali. Lain waktu pingin rasanya pulang ke pontianak untuk menikmati indahnya tanah kelahiranku.

    =======
    owner:
    Sebenarnya banyak banget obyek wisata di prov. Kalimantan Barat. Masalahnya sama dengan yg lain : tidak dikelola dengan baik, promosi yang kurang ( kemana nih dinas2 terkait), sarana akomodasi jalan yg tidak mendukung. Wajar jika anak Kalbar pun tak tau kondisi daerahnya

  4. danau lait memang indah pemandangannya cuma belum terkelola dg baik.situs ini cukup tuk ngobat salok bagi perantau yg jauh dr kampung halaman. jadi kangen.

    =======
    owner:
    Sebenarnya banyak banget obyek wisata di prov. Kalimantan Barat. Masalahnya sama dengan yg lain : tidak dikelola dengan baik, promosi yang kurang ( kemana nih dinas2 terkait), sarana akomodasi jalan yg tidak mendukung. Wajar jika anak Kalbar pun tak tau kondisi daerahnya

  5. sy pernah bkrj di balai sebut kec jangkang-sanggau thn 90-91 selama 8 bulan . kali ada yg punya foto2 kec jangjang sekarang?

  6. wah fotoku yang paling atas termuat di pontianak post tanggal 28 Mei 2009 halaman 28, syukurlah meskipun pemuatannya tanpa izin, gak papa, ikhlas. Semoga pariwisata Kalbar terus maju

  7. Indonesia emang endah banget. banyak sekali tempat2 yg endah. di daerahku juga ada, namanya AIR TERJUN SANTI. Masih sangat perawan. Cocok buat yang pengen BERCUMBU DENGAN ALAM

  8. mas Air terjun di kecamatan mukok Kab sanggau juga ada wisata disitu nama nya Air terjun Gurong maloh….itu juga sebagian dari itu adalah tempat dimana prasejarah….untuk menempuh nya hanya dengan kendaraan roda 2…..tempat nya persis di kampung Malan Kec Mukok..Kab sanggau…tolong di perhatikan…..

    wasalam dari anak Mukok sekarang di solo kuliah

    • terima kasih atas infonya. moga aja klo ada dines ke sanggau lagi bisa mampir ke situ jika bagus akan saya upload ke blog ini, insyaallah. kuliah di solo ya ? coba ke selatan dikit ( sukoharjo, tempat kelahiran beta ) ada obyek wisata namanya “pecinan” kurang lebih 23 km dari solo, dulu sewaktu masih smp sering kesitu dan masih bagus pemandangannya, gak tau sekarang, jika sempat silakan mampir n beri komentar ya gimana keadaannnya sekarang. thks

  9. waah…
    ternyata kabupaten sanggau lebih indah dari yang saya bayangkan…

  10. wahh udah lama juga ne saya ga kepancur aji ini,ingat waktu sekolah dulu perginya..sekarang udah hampir 5thn.tapi lom injakin kaki lagi kesitu,enteh kapan baru bisa kesitu lagi…pasti makin indh aja ya…

  11. eMmMmMm………………………….
    d kaB.sanGgaU aD pRmandiaN aiR hangaT gX siH ??????????

    al’A dngaR” aD !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ^_^

  12. saya lahir di kabupaten sanggau… kalau saya pulang nanti saya ingin liyat budaya sanggau lagi… by AKFER BWH

  13. objek wisata d kalbar ini sangat banyak,, namun kayak nya kurang promosi ,, jd yang tau hanya masyarakat lokal saja

    • setuju

      • mestinya pemerintah kalimantan barat lebih memperhatikan kemajuan kota dan desa jangan sampe kalah sama negara tetangga…….ayo kita bangun supaya terlihat indah,maju dan banyak touris dari luar negeri datng yg dapat untung juga kalimantan sendiri>>>>>supaya bapak gubernur di pilih terus dalam pemilu dan mendapat pahala dari Allah telah bermanfaat untuk orang banyak

  14. ada ndak iya cerita tentang kec noyan,kec batang tarang kab sanggau?
    aku pernah bertualang disitu, jadi rindu, pengen tahu beritanya. kalau ada sekalian gambarnya pak.
    sebelumnya terima kasih

  15. klu dr pontianak kira2 brapa jam lh sampe k sana..???

  16. rencana bsok sya mu tugas ke pontianak…..wisata alam eang asik kmna ajch ea???

  17. Jika dokelola dengan baik, potensi pariwisata di Kalbar tak kalah dari daerah lain di Indonesia. Perlu terus adanya promosi daerah dibarengi dengan pembngunan infrastruktur. Dan yang tak kalah penting adalah sosialisasi bagi masyarakat lokal untuk bersikap ramah dan terbuka dengan para pendatang sehingga dapat membentuk citra positif Kalbar.Semoga…

  18. saya adalah salah satu masyarakat dari daerah beduai kab sanggau,saya sangat bahagia karna di blog ini telah membangkit kan pariwisata yang ada di sanggau salh satunya adalah goa thang raya yang ada di kecamatan temapat saya tinnggal,n terus lah mempromosikan tempat pariwisata yang ada di sanggau ini, sukses aja,,ya n masih ada satu lagi yang ingin saya bilang tempat pariwisata yang ada di rintau juga di promosikan ya,,,trims,,,,

  19. tempat pariwisata yang ada di daerah beduai kira 28 km dari kecamatan beduai juga ada,,anda boleh masukan kedalam blog anda ini nama nya air terjun riam melangar,,,,trim

  20. coba diteliti lagi wisat2 yg ada, kurang lebih 12 kacamatan yg ada di kabupaten sanggau,,,,, misalnya di kecamatan meliau ada pulau belompa dan di perdalam kota meliau masih bnyk wisat2 yg perlu dijamah… untuk lebih jelasnya silakan datangi ke kecamatan melaiu.. trims

  21. kota sanggau memang indah dan menawan,dengan ciri penduduknya yang ramah tamah bersahabat,bersahaja,namun dibalik itu menyimpan berbagai inspirasi untuk dikembangkan menjadi potensial dimata dunia.jika ANDA INGIN PERGI KEKOTA DARANANTE INI: Jangan lupa jaga tata kerama sopan santun ! ! ! !

  22. Objek wisata di Kalbar memang sungguh luar biasa , perlu promosi , pembenahan ,… hayoooo mari kita sama 2 promosikan !!!!!! ,

  23. Mantap gan, kunjungi balik ada disini ya gan
    http://www.gensapa.com/wisata-alam.html

  24. aduh ga sabar mau backpack ke kalbar.. hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: