Khasiat Terong

Di sebuah restoran Padang yang terletak di plaza, empat pria eksekutif sedang mengolok-olok seorang temannya yang sedang lahap mengunyah makan siangnya berupa nasi, ayam bakar, sayur kacang panjang dan balado terong! Adakah yang salah? He he ….., laki-laki pantang makan terong, kalau enggak mau ditinggal istri, ujar seorang di antaranya. Entah karena terong yang setelah dimasak bentuknya loyo, maka terong (terung) – sama halnya dengan jenis sayuran lain yang bila diolah akan menjadi teman makan nasi nan lezat ini – telah dituding sebagai sesuatu yang dapat mengganggu keperkasaan pria. Terong pun didesas-desuskan dapat menimbulkan impotensi. Tak pelak, anggapan itu berakibat terong bak musuh yang menakutkan bagi sejumlah pria ( padahal hanya pengikut Make Erot aja yang menganggap terong sebagai musuh ) . Itu anggapan salah. Tidak ada bukti, memakan terong akan menurunkan kemampuan seks pria. Apalagi, hal itu belum ditemui dalam penelitian ilmiah murni, jelas Dr. Waluyo Soerjodibroto, Ph.D., DSG, ahfi gizi dari UI.

Lanjutnya, terong yang memiliki zat tertentu, dapat menurunkan kolesterol. Artinya, memakan terong secara bersamaan dengan makanan berkolesterol, malah membuat kolesterol dalam makanan itu menurun. Tetapi, itupun bila terong disajikan dengan cara direbus atau kukus. Karena terong yang diberi bumbu yang dimasak dengan menggoreng, apalagi dimasak dengan santan, maka hilang semua khasiatnya, Yang ada hanya rasa nikmat di lidah.
Terong pencegah kanker, tapi kebanyakan makan terong pun akan mematikan sel-sel, hingga menimbulkan kanker. Tapi orang juga tidak akan makan sebanyak-banyaknya, kata Waluyo.Bahkan, miskinnya sumber kalori pada terong: enerji 17.4 kal, 1.2 gr protein, lemak 0.2 gr, kolesterol 0.0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6 dan C) antara 0.0 mg hingga 2.8 mg serta potassium 187.0 mg dan kandungan air 92.5 gr, ternyata membuat terong bisa dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh, mengendalikan stres, karena kandungan senyawa solanin yang dalam jumlah tertentu, bisa mengendurkan urat-urat saraf atau mempertahankan darah agar tidak naik-turun secara drastis.
BERBAGAI KHASIAT
Terong dari spesies solanum melongena ini memang belum dikenal umum sebagai tanaman obat. Terong gelatik atau leunca berbentuk bulat kecil-kecil, dipercaya memiliki khasiat untuk berbagai penyakit. Sama halnya dengan terong sayur berwarna ungu yang mudah ditemui, memiliki sejumlah manfaat. Terong yang tergolong dalam tumbuhan jenis solanacea ini, getahnya dapat sebagai obat kutilan, merupakan gangguan kulit.
Selain itu, rebusan air daun dari terong jenis ini juga dapat melancarkan buang air kecil, menyembuhkan sakit perut, batuk, dan mampu pula menurunkan tekanan darah tinggi serta bermanfaat mengurangi jumlah sel darah putih dalam tubuh.Ternyata potensi terong sebagai penyembuh berbagai penyakit, saat ini hangat dibicarakan. Di Nigeria, buah terong mendapat tempat yang cukup baik di masyarakat. Sayuran buah terong digunakan sebagai alat kontrasepsi, terutama bagi kaum pria. Khasiat lain dari sayur terong yang sering dilalap ini, adalah sebagai zat antirematik. Pengobatan tradisional di Nigeria percaya, bahwa terong dapat menyembuhkan atau setidaknya mengurangi serangan rematik tertentu. Bahkan tidak hanya di Nigeria terong diyakini memiliki khasiat obat, di Korea terong dikenal punya keajaiban untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan Sayuran yang telah dikeringkan, termasuk buahnya, bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit pinggang, encok, pinggang terasa kaku, dan nyeri lainnya.
Secara empiris sayuran ini bahkan mampu meng obati campak atau cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan bekas luka bakar.Fungsi lain dari terong adalah sebagai obat anti-kejang yang relatif sulit diketahui dengan pasti kapan terjadi serangannya. Selain itu, di Nigeria, terong juga dipercaya sebagai obat untuk meredam penyakit gugup. Manfaat pengusir kepanikan ini, telah dibuktikan secara ilmiah terhadap marmut dengan menggunakan sari terong mentah.
Terong yang mengandung striknin dan skopolamin, juga skopoletin dan skoparon, berfungsi sebagai penghambat serangan sawan dan gugup. Jadi jelaslah sudah bahwa terong dapat mengobati penyakit epifepsi.Fungsi lain dari terong adalah dapat menekan kerusakan yang timbul pada selsel, dengan penyimpangan kromosom sebagai petunjuk adanya kanker. Pengujian terakhir yang dilakukan di Jepang menunjukkan jus terong, yang dapat menekan kerusakan pada sel-sel tersebut. Kandungan protease (tripsin) pada terong dipercaya dapat menolong melawan serangan zat penyebab kanker. Pada penelitian yang lebih spesifik, terong dikatakan bagus untuk mengurangi risiko penyakit kanker perut.
Dr GHA Mitschek, seorang ilmuwan dari Universitas Graz telah melakukan pemeriksaan berseri terhadap hewan sampai beberapa kali, ternyata menemukan hasil yang sama baiknya akan manfaat terong. Peneliti ini telah memberikan diet tinggi kolesterol pada beberapa kelinci, dan juga memberikan terong dalam jumlah yang bervariasi. Meskipun dosis yang diberikan tidak terlalu besar, ternyata terong mampu menghambat pembentukan plak-plak lemak, mencegah dan mengobati ateroklerosis. Selain itu, ditemukan juga bahwa terong dapat menghambat atau membatasi asupan kolesterol dalam saluran cerna, bahkan mampu mengangkat kolesterol yang terdapat dalam aliran darah.Terong mempunyai manfaat menghambat pembentukan radikal bebas. Selain itu, terong juga membantu menurunkan kolesterol serta sebagai sumber asam folat dan kalium. Terong lebih baik dimakan dengan cara dimasak.
Menurut penelitian, nasuin dari kulit terong bekerja sebagai antioksidan yang menghalangi pembentukan radikal bebas, sehingga membantu melindungi kerusakan sel membran dan menurunkan LDL kolesterol. © ME (Dari berbagai sumber)

15 Tanggapan

  1. to the poin aja.dok…saya pria umur 34th.udah nikah dan punya anak satu.semenjak th terakhir penis saya mengalami kelainan.waktu pagi emang seperti biasa tetap normal dlm artian slalu ereksi kuat.tp kalau saat berhubungan dgn istri,awal bangunnya susah,lagian jg kalo bisa bangun dgn mudah atau cepat loyo.dan disaat ereksi jg mudah ejakulasi.terus terang dulu saya sering onani.dan enam bulan terakhir ini saya sering pakae obat kuat viagra dok.hasilnya emang luar dr laki laki perkasa,bisa”sekali kesempatan bisa 3-4kali ronde.yg saya tanyakan,bgmana caranya menghentikan biar ga pakai obat lagi.apa penyebab penis saya jd loyo saat brhubungan sedangkan wkt pagi tetap kuat ereksi.dan apa karena pikiran?stres?dan bagaimana cara menanggulanginya.mohon penjelasan pak dokter.dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih banyak.

    • he..he.he.. maaf mas made, ane bukan dokter. tapi saya coba kasih saran. menurut saya yang terjadi pada anda beberapa sebabnya adalah :
      1. Anda mungkin sedang capek ketika “melakukannya” ( bener2 berpengaruh lho ) antisipasinya jaga kondisi fisik anda dengan olahraga ( saran saya : latih pernafasan anda dengan pernafasan keras ataupun santai ( terbukti berpengaruh bagi saya ))
      2. atau.. memang bener pernyataan anda yaitu “pikiran / stress”. karena memang itu sangat berpengaruh pada konsentrasi anda saat “berhubungan”. Anda harus bener2 konsentrasi pada saat anda melakukannya ( cobalah santai dan bangkitkan fantasi anda ), jika capek istirahatlah sebentar karena tidak berguna jika terus anda paksakan. Nikmati tiap detil rangsangan yang masuk ke anda ( gak usah memaksakan diri “bermain” dalam tempo yg cepat, nikmati aja pelan2 ). Jika si “dede'” sudah siap cobalah anda percepat temponya.
      3. STOP itu obat2an………………… B E R B A H A Y A……………..
      Kesimpulan : poin penting yg harus anda jalankan sebagai langkah awal adalah : OLAHRAGA ( jaga kondisi fisik, atur pernafasan anda, kuatkan otot2 tubuh anda )

      Itu saja. semoga bermanfaat.

  2. keren .. khasiat terong lengkap bgt d sini ..
    thanks yaa .. aku jd tau …
    moga blog ini bermanfaat bg semua .
    Amin
    =================
    owner :
    amiin

  3. Terimakasih artikelnya, izin copas buat artikel kliping online di facebook :)

  4. waaa..ga nyangka ..ternyata terong banyak khasiatnya ya

  5. makasih infonya , top abieesss………………

  6. mantappp!!bermanfaat banget nih

  7. hmmm … saya pernah dger klo makan kecabah menambah atau meningkatkan kesuburan dan malah sebaliknya jika makan terong maka akan mengurangi suburan hmmmm… makanya saya mulai search khasiat yg sesungguhnya …. dan sekaran saya sudah tau hhhhehhe:) good job ;)

  8. Manfaatnya sudah terbukti, sumbatan pembuluh darah arteri yang saya derita sudah hancur. Alhamdulillah saya sudah sembuh. tangk,s buat Alloh SWT yang menciptakan terong.

    • monggo dibabar sekalian mas, cara konsumsinya / pengolahannya serta berapa lama proses yg dibutuhkan untuk penyembuhannya

  9. bagus banget nih,,,aq share ya mas ke FB,,soalnya ada kluarga yg mengolok2 suami saya juga gara2 suka makan terong balado,,persis yg mas bilang itu,,dia bilang terong buat penis laki2 gak bagus,,padahal itu kan cuma mitos aja…

  10. WAJIB BACAAAAAAAAA……….!!!

    yaps bener bgt tuh…hanya pengikut Make Erot aja yang menganggap terong sebagai musuh..kasian bgt tuh cow2 msh jg prcya sm mitos2 kmpungan,,terong sungguh byk khasiatnya bt tubuh, menurunkan kolestrol,kanker,dll,bahkan bkn cuma buahnya,daunnya jg bisa dimanfaatka,,wah..kalian patut membaca artikel ini,,bermanfaat bgt,sudah murah,enak lg.(jngan sepelekan terong)..!! ^_^

  11. Wah br tau aku skrng manfaat terong,mslhnya saya sk bngt sm terong…aplg klu di msknya prtma di goreng trs itu di tumis

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: